Now Playing :
Home » » Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Yang paling seing kita dengar tentang kopi adalah bahwa minuman ini mempunyai reputasi tidak baik terhadap  kesehatan, membuat orang tidak bisa tidur, menyebabkan hipertensi dan lain sebagainya. Benarkah anggapan tersebut?


Ada kabar baik bagi untuk Anda dan semua penggemar kopi yaitu tentang manfaat kesehatan yang dapat dperoleh dari meminum kopi . Kopi ternyata tidak hanya memberikan kehangatan di pagi hari Anda untuk memulai aktifitas harian Anda, dan ternyata kopi juga memberikan banyak manfaat kesehatan juga. Sama seperti alkohol dan cokelat, kopi memiliki reputasi historis yang buruk, namun dengan adanya peningkatan jumlah studi terbaru yang dilakukan oleh para pakar kesehatan  menunjukkan potensi manfaat yang dimiliki oleh kopi untuk kesehatan tubuh Anda. Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari secangkir kopi yang kita konsumsi?

Antioksidan dan Nutrisi
Juru bicara dari Akademi Gizi dan Diet, Joy Dubost,  mengklaim bahwa salah satu sumber terbesar dari antioksidan diet orang Amerika adalah berdasarkan jumlah kopi yang dikonsumsi oleh mereka. Selain antioksidan, kopi juga mengandung nutrisi penting seperti kromium, kalium, niasin, vitamin E, dan magnesium. Mengkonsumsi satu gelas kopi  dapat menyediakan hingga 8 persen dari kebutuhan kromium Anda. Kromium berperan dalam mengendalikan gula darah Anda dan mungkin menurunkan LDL Anda, atau kolesterol jahat. Sama seperti teh, kopi juga mengandung senyawa kimia tanaman, khususnya flavonoid, yang  terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis.

Mampu Meningkatkan Fungsi Kognitif Tubuh
Seorang ahli gizi dan juru bicara bernama Joan Salge Blake dari Akademi Gizi dan Diet di Amerika  mengatakan bahwa salah satu minuman yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan fungsi kognitif tubuh adalah kopi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "American Journal of Epidemiology" pada tahun 2002 menemukan bahwa mengkonsumsi kopi, serta penggunaan kafein seumur hidup, dapat berkorelasi dengan kinerja pada tes kognitif di kalangan wanita menjadi lebih baik. Sementara itu untuk pria, mengkonsumsi kopi akan memperlambat  penurunan kognitif  baginya. Secara keseluruhan, kopi dapat mengurangi penurunan fungsi  kognitif dan motorik yang berhubungan dengan penuaan yang dialami oleh seseorang.

Mengurangi Risiko Diabetes

Kopi uga mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan meningkatkan tingkat metabolisme istirahat Anda, juga mampu mengurangi risiko diabetes. Selain itu, nutrisi dalam kopi juga membantu penggunaan  insulin dalam  tubuh Anda, insulin adalah hormon yang diperlukan oleh tubuh  untuk menggunakan dan menyimpan gula yang diperoleh dari makanan. Peminum kopi, baik kopi biasa atau tanpa kafein, mampu menurunkan risiko terserang diabetes dibandingkan mereka yang minum kopi dalam jumlah sedikit atau tidak minum kopi sama sekali. Hubungan antara asupan kopi dan diabetes adalah bahwa setiap cangkir kopi yang Anda minum per hari, bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan diabetes  hingga  7 persen.

Anti-Kanker
The National Cancer Institute telah melaporkan bahwa pria yang minum kopi secara teratur akan mempunyai risiko lebih kecil terhadap kemungkinan terserang kanker prostat. Penurunan 60 persen dalam risiko terjadinya serangan kanker prostat yang mematikan ditemukan pada pria yang minum 6 cangkir atau lebih kopi per hari. Bahkan 1 sampai 3 cangkir kopi mampu mengurangi risiko terjadinya serangan kanker prostat. Mengkonsumsi empat cangkir kopi atau lebih per hari juga telah terbukti mengurangi terjadinya serangan kanker usus besar. Selanjutnya, para peneliti juga menemukan bahwa orang yang minum kopi 50 persen lebih kecil terhadap kemungkinan terserang  kanker hati daripada orang yang tidak pernah minum kopi sama sekali. Tambahan studi yang telah dilakukan juga menghubungkan antara  mengkonsumsi kopi dengan tingkat yang lebih rendah terhadap serangan kanker payudara dan kanker dubur.

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi kopi hitam bagi kesehatan Anda, anggapan bahwa kopi mempunyai reputasi buruk terhadap kesehatan mungkin hanya berdasarkan studi yang hanya berfokus pada efek samping kopi tanpa studi tentang manfaat kopi terhadap kesehatan.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Free Zone Film - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger