Now Playing :
Home » » Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Di Indonesia, buah nanas adalah merupakan buah yang dapat ditemukan di berbagai daerah dengan harga yang relatif murah, bahkan di daerah Subang buah ini telah dibuat sebagai makanan khas Subang yang berupa dodol Nanas. Buah nanas mempunyai manfaat yang cukup bagus bagi kesehatan, karena mengandung berbagai macam nutrisi penting bagi kesehatan tubuh manusia.
Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan
Buah  Nanas mengandung enzim yang dapat membantu mencerna protein dan mampu memberikan manfaat anti-inflamasi.  Anda dapat mengkonsumsi buah ini dalam berbagai bentuk olahan maupun dikonsumsi dalam bentuk segar. Satu porsi jus nanas menyediakan 30 sampai lebih dari 100 persen vitamin C. Kebutuhan harian Anda yang mampu meberikan manfaat kesehatan terbaik untuk tubuh Anda. Jika Anda ingin mengkonsumsi jus nanas secara instan, Anda dapat membelinya dalam bentuk minuman kaleng, namun usahakan agar bukan jus nanas yang telah dicampur dengan pemanis buatan atau bahan pengawet.  Nutrisi yang terkandung di dalam buah nanas antara lain:

Bromelain
 Nanas mengandung enzim bromelain, yang merupakan agen anti-inflamasi alami dan enzim pencernaan. Bromelain membantu mengurangi peradangan dan nyeri setelah operasi dan mendorong penyembuhan memar, demikian menurut New York University Langone Medical Center. Buah nanas  juga dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sinusitis. Sebagai enzim, bromelain berfungsi dalam  pencernaan dengan membantu tubuh memecah protein.

Vitamin C
Satu gelas porsi jus nanas atau setara dengan minuman kaleng  mengandung hampir 30 persen dari kebutuhan Vitamin C  harian yang direkomendasikan. Jika Anda mengkonsumsi  jus nanas yang telah ditambah asam askorbat, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 100 persen Vitamin C untuk kebutuhan harian  Anda. Fungsi vitamin C dalam tubuh adalah  sebagai antioksidan alami dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.  Tubuh Anda tidak dapat membuat kolagen secara alami  tanpa peran serta  vitamin C. Kolagen adalah protein yang digunakan untuk membentuk tulang dan membuat jaringan ikat yang dapat memperkuat dan mendukung kulit Anda, pembuluh darah, tendon dan ligamen. Vitamin C juga membantu tubuh memetabolisme lemak dan menghasilkan neurotransmitter, demikian menurut Linus Pauling Institute.

Vitamin B
Satu cangkir jus nanas mengandung 11 persen dari  kebutuhan harian yang direkomendasikan, folat dan 19 persen vitamin B-6. Kedua vitamin ini membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah Anda. Tingginya kadar homosistein dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Folat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan unsur penting  bagi sintesis protein, sel darah merah dan pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B-6 untuk membuat neurotransmitter yang membantu mengatur metabolisme hati dan metabolisme protein.


Kalium
Kalium adalah merupakan zat elektrolit, yang berarti bahwa kalium memiliki muatan listrik. Dalam hal ini kalium berperan  merangsang impuls saraf dan kontraksi otot.  Kalium  juga membantu mengatur detak jantung Anda. Fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh kalium adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Makan terlalu banyak garam meningkatkan tekanan darah Anda, tetapi jika Anda mendapatkan cukup kalium setiap hari, dapat membantu mengimbangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh garam. Orang dewasa harus mengkonsumsi 4.700 miligram potasium setiap hari. Satu gelas  jus nanas ukuran sedang mengandung  7 persen kalium kebutuhan harian Anda.

Demikian kandungan nutrisi dan manfaat yang dimiliki oleh buah Nanas. Buah ini dapat dengan mudah Anda peroleh bahkan di beberapa daerah Nanas banyak dijajakan dipinggir-pinggir jalan sebagai oleh-oleh. Semoga bermanfaat.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Free Zone Film - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger